Rawatan Ubat Kencing Manis Sebagai Rawatan Alternatif Tradisional Diabetes

0
530

Ubatan tradisional kencing manis adalah satu penjagaan kesihatan yang sering digunakan oleh masyarakat zaman dahulu hingga kini dan amat berbeza dengan perubatan moden.

Amalan ini sebagai cara untuk mencegah dan merawat penyakit pada diri. Kaedah sebegini semakin mendapat perhatian dalam kalangan perubatan untuk mencegah penyakit diabetes.

Perubatan alternatif bermaksud terapi yang diambil untuk menggantikan perubatan moden, manakala komplementari pula bermaksud terapi yang diambil bersama dengan perubatan moden.

Perubatan alternatif adalah terapi untuk mengantikan perubatan moden dan komplementari adalah terapi yang diambil bersama dengan perubatan moden.

Pesakit diabetes dibolehkan untuk mengambil makanan tambahan seperti makanan yang mengandungi serat, okra, fenugreek, vitamin dan juga antioksidan. Kromium dan magnesium didapati boleh menurunkan risiko penyakit diabetes sebagai kawalan terhadap penyakit diabetes.

Rawatan dari segi herba semakin meluas dalam rawatan diabetes di Malaysia. Terdapat banyak jenama dan pengeluaran yang mampu menurunkan paras gula dalam darah pesakit.

Bayam
Image result for bayamPenelitian pada masyarakat Inggris menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran berdaun hijau lainnya mengalami penurunan risiko hingga 14% dibandingkan mereka yang hanya makan ½ porsi per hari.
Ini kerana, sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.

Kacang kenari (walnut)

Image result for walnut

Walnut atau kacang kenari mengandung asam lemak bernama alfa-linolenik yang dapat menurunkan peradangan. Kandungan serat, L-arginin, omega-3, vitamin E, dan senyawa fitokimia yang ditemukan dalam walnut dan kacang-kacangan lain membuat mereka berfungsi sebagai zat antioksidan, antikanker, antiviral, dan anti kolesterol tinggi. Khasiat ini dapat mencegah perkembangan kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.
Penelitian dari Yale University yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care”, 2009, menunjukkan bahwa konsumsi walnut sebanyak 56 gram selama 8 minggu dapat memberbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak akibat diabetes. Sedangkan penelitian lain dari Australia melaporkan bahwa pasien yang mengonsumsi 30 gram walnut dalam satu tahun mengalami penurunan kadar gula darah.

Kayu manis
Image result for kayu manisSalah satu kajian dalam jurnal “Diabetes Care” menyebutkan bahawa penderita diabetes tahap 2 yang mengonsumsi satu gram kayu manis atau lebih secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar gula sebesar 30%. Kayu manis juga membantu menurunkan trigliserida, kolesterol LDL, dan total kolesterol sebanyak 25%.
Kayu manis kaya dengan kromium, mineral yang meningkatkan efek insulin. Kayu manis juga mengandung polifenol, antioksidan pelawan radikal bebas dan mampu menurunkan inflamasi, sehingga menjaga dari diabetes dan penyakit jantung.

Tomato
Image result for tomatoSalah satu penelitian di Australia melaporkan bahawa konsumsi jus tomato setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Penggumpalan darah ini dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam nyawa. Tomato kaya dengan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan.
Tomato juga mengandung likopen dan nutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerosakan akibat diabetes.

Susu dan yogurt rendah lemak
Image result for susu yogurtSelain gula, lemak juga menjadi hal yang harus diambilberat oleh penderita diabetes. Banyak penderita menderita diabetes tahap 2 kerana timbunan lemak di tubuh yang menyebabkan tubuh tidak peka terhadap insulin. Oleh itu, ada yang menyarankan konsumsi susu dan yogurt redah lemak untuk memenuhi keperluan lemak baik, kalsium, dan vitamin D.
Penelitian dari University of Cambridge menunjukkan bahawa konsumsi yogurt rendah lemak dapat menurunkan risiko diabetes hingga 28% dibandingkan tidak memakannya sama sekali. Peneliti juga meyakini bahawa mikroba di dalam yogurt bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang sering dialami penderita diabetes.

Bagi wanita yang mengandung, menyusukan anak tidak digalakkan mengambil ubatan herba untuk keselamatan. Yang penting garus mendapatkan nasihat dari doktor untuk rawatan alternatif tradisional kencing manis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here